Jumat, 28 September 2012

manfaat madu bagi kesehatan

Manfaat Madu Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Anda pasti sudah sering menjumpai madu dan menggunakannya untuk berbagai keperluan. Manfaat madu beraneka ragam mulai untuk pemanis makanan dan minuman, campuran jamu, untuk menyembuhkan penyakit tertentu bahkan madu bisa pula dimanfaatkan untuk kecantikan.
Memang sih madu yang beredar di pasaran ini ada yang asli ada pula yang palsu. Untuk membedakannya silahkan baca artikel saya sebelumnya mengenai membedakan madu asli dan palsu.
Madu yang mempunyai beragam khasiat itu terdiri atas beberapa jenis, ada madu kelengkeng, madu rambutan, madu kapuk randu, madu multiflora, dll yang pembagian jenis tersebut adalah berdasarkan pada nectar yang dihisap oleh sang madu. Dan kesemuanya mempunyai khasiat yang sama baiknya.
manfaat madu
Gambar madu
Manfaat madu untuk kesehatan
1. bisa mengurangi kadar kolesterol tubuh
2. bisa menyembuhkan pilek/flu
3. mencegah serangan jantung
4. mampu mengatasi radang tenggorokan
5. menjaga kesehatan mata
6. untuk mengobati luka
7. memperkuat sel darah putih
8. penambah stamina
9. bisa menambah kesuburan bagi pasangan yang sulit hamil
10. mencegah tulang keropos (osteoporosis)
11. mengatasi gangguan pernafasan
12. dll
Manfaat madu untuk kecantikan
1. sebagai masker madu
Masker madu dipercaya dapat menghambat penuaan dini dan kulit keriput, yaitu dengan mengoleskan madu murni ke seluruh bagian wajah kecuali pada area bibir dan mata. Setelah itu diamkan sekitar 15 menit dan biarkan mengering. Kemudian basuh dengan air hangat dan keringkan dengan handuk.
2. Mandi madu untuk kulit berkilau
Caranya adalah saat mandi, oleskan madu ke seluruh bagian kulit sambil ditepuk-tepuk nah saat ditepuk itu madu akan lengket dan mengering di kulit. Langkah terakhir adalah basuh seluruh tubuh dan rasakan sensasinya.
3. Scrub madu
Madu juga bisa dimanfaatkan untuk mengangkat sel kulit mati. Anda bisa membuat campuran 1 sendok teh madu dicampur sedikit tepung almond. Gosokkanlah campuran tersebut ke area wajah. Setelah selesai basuh dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut.
4. dll
Madu memang sangat menggoda, selain rasanya manis dan gurih juga mempunyai bermacam khasiat tak hanya bagi kesehatan tapi juga kecantikan. Demikian semoga artikel Manfaat Madu Bagi Kesehatan dan Kecantikan ini bisa menjadi tulisan yang bermanfaat dan menambah wawasan ilmu pengetahuan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar